Perbedaan DIV dan SPAN tag

DIV dan SPAN adalah dua tag HTML yang sangat sering digunakan untuk menandai suatu bagian dari berkas halaman baik dengan ID ataupun CLASS. Dalam artikel ini, saya juga akan berbagi informasi tentang perbedaan tag html div dan span yang akan saya tuliskan secara sederhana yang dikutip dari berbagai sumber.
HTML adalah semua tentang penerapan makna konten. Sebagian besar tag HTML biasanya hanya berlaku untuk kategori tertentu, misalnya tag p untuk membuat paragraf, heading (h1-h6) untuk membuat judul, blockquote untuk teks kutipan dan sebagainya. Namun tag div dan span penggunaanya cukup luas. Mereka (Div dan Span) benar-benar digunakan secara luas dalam hubungannya dengan penerapan gaya CSS.
<div> dan <span> biasanya digunakan dalam potongan kelompok kode HTML dan menghubungkan beberapa informasi ke potongan itu, paling sering dengan atribut CLASS dan ID untuk mengasosiasikan elemen dengan kelas atau id CSS pemilih.
Sebagai contoh :
<div id="navigation">
<span>
<a href="/index.xhtml>HOME</a>
</span>
</div>
Penggunaan tag span dalam paragraf
<div id="content">
<p>
Selamat datang di <span class="yelshadow">Zhamelank Blog</span>. Semoga informasi yang terdapat dalam blog ini bisa bermanfaat.
<p>
</div>
Perbedaan mendasar antara DIV dan SPAN dalam dokumen HTML adalah bahwa DIV (divisi) merupakan elemen blok tingkat yang pada dasarnya memiliki baris jeda sebelum dan sesudah penggunaan kode (secara default akan ditampilkan sebagai elemen blok), sedangkan SPAN adalah elemen inline, yang umumnya digunakan untuk menyorot teks atau kalimat (secara default akan ditampilkan sebagai elemen inline).
Menempatkan tag DIV atau tag blok tingkat dalam SPAN adalah salah dan tidak valid, misalnya menempatkan tag paragraf <p> dalam tag span. Untuk melakukannya (membungkus elemen blok tingkat), maka perlu menempatkan elemen blok tingkat lain seperti menempatkan tag paragraf <p> dalam tag div.

sumber : http://zhamelank.heck.in/perbedaan-antara-tag-html-div-dan-span.xhtml
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...